Legenda Kali Kesek

          Pada zaman dahulu di suatu tempat ,ada sebuah desa .Desa ini terletak di lereng pegunungan dan diapit oleh dua sungai. Desa ini memiliki banyak sumber mataair. Masyarakat yang tinggal di sana hidup dengan rukun dan nyaman, mereka hidup sejahtera karena kekayaan alam yang melimpah di desa itu. Pada suatu hari para kyai dan  masyarakat di desa itu  berkumpul untuk membahas masalah yang sedang mereka hadapi.
# PEMIMPIN DESA : “rakyatku marilah kita tinggalkan tempat ini dan  pergi tempat yang lain”,
# WARGA 1 :“ mengapa kita harus meninggalkan tempat ini ? memangnya apa yang akan terjadi di desa ini sehingga kami harus pergi ? kami semua tidak mau pergi dari tempat ini , tempat lahirnya kita semua.
# PEMIMPIN DESA: “tapi, kita harus pergi dari tempat ini ,karena tempat ini terlalu berbahaya untuk kita tinggali.desa ini terletak di lereng pegunungan,saya khawatir jika musim hujan datang akan ,bencana alam  akan datang menghancurkan desa ini dan membahayakan diri kita . hal itu yang menyababkan kita harus pindah dari tempat ini.
# WARGA 1 :“jika kita pindah dari tempat ini,lalu kemana kita akan pergi , dan dimana kita akan tinggal?”
# PEMIMPIN DESA:”jangan khawatir nanti saya ,kyai salam ,dan kyai daku akan membicarakan tentang hal ini .kita akan mencari tempat baru yang lebih aman dan nyaman untuk rumah kita.
# WARGA 1 :“jika kita pergi,lalu bagaimana dengan tempat ini. akan jadi apa tempat ini jika kita tinggalkan.
     Mendengar perkataan warga , pemimpin desa tidak bisa menjawab .dan terus membujuk warganya untuk pindah ke tempat lain. Lalu masyarakat menyetujuinya ,tetapi ada juga yang tidak setuju.
Suatu hari, pemimpin desa,kyai salam ,dan kyai daku  sedang  membicarakan tentang tempat baru yang akan menjadi rumah mereka. Akhirnya mereka mendapatkan ide dan menyetujuinya.yaitu untuk memindahkan warga ke tempat yang lebih tinggi dari desa yang lama.
Suatu hari, pemimpin desa mengumpulkan warganya di suatu tempat.untuk memberi tau tentang ide yang sudah mereka dapatkan. Lalu kyai salam dan kyai daku berkata kepada semua warga.
# KYAI SALAM:“ perhatian untuk semua warga , kami sudah menemukan tempat tinggal yang baru untuk kita tinggali.tempatnya terletak di atas desa ini, disana buatlah desa baru yang rukun dan sejahtera seperti ketika di desa ini, jangan pernah kalian melakukan hal yang tidak baik di desa yang baru ”
# WARGA 2 :“ baiklah kyai kami akan membangun desa yang lebih makmur dan  lebih sejahtera dari pada sebelumnya”
# WARGA 3 :” tapi kyai, katanya desa dukuh ini tempatnya tidak aman ,dan beresiko terhadap bencana alam karena tempatnya yang terletak di lereng gunung , tapi mengapa sekarang kami di pindahkan ketempat yang lebih tinggi ? apakah ini tidak semakin berbahaya ?
# WARGA 2 :“benar kyai disebelah utara terdapat kali yang besar bagaimana bila terjadi banjir ,apa itu tidak berbahaya kyai ?”
# KYAI DAKU: “ desa yang baru telah diberi pagar(tetenger) .yang fungsinya sebagai penghalang agar desa kalian aman dari bencana apapun yang akan datang merusak desa kalian”
# KYAI SALAM:“dan dibawah desa yang baru terdapat 2 batu yang bernama batu  bruntus. Batu itu adalah pagar keselamatan, yang akan menjaga kalian dari bahaya manusia yang akan berniat buruk atau jahat terhadap kalian.”
# WARGA 2:“ apa yang dimaksud dari menjaga bahaya dari manusia yang berniat jahat kyai”
# KYAI DAKU:“maksudnya adalah apabila ada orang yang masuk ke desa kalian dengan maksud jahat, maka mereka tidak akan melihat sebuah desa tetapi mereka akan melihat sebuah kebun atau hutan yang sangat luas dan apabila ada orang jahat masuk ke desa kalian ,maka mereka akan mendapat musibah”
# WARGA 3 :“kyai, akan diberi nama apa desa yang baru itu ?
# KYAI DAKU:“kami berencana akan memberi nama desa yang baru dengan nama desa kali kesek .
# WARGA 2 :“mengapa desa yang baru akan diberi nama desa kali kesek, kyai?
# KYAI SALAM: “karena  desa itu memiliki banyak sumber mata air dan terletak di pinggir sungai besar.
        Kemudian mereka pindah ke desa kali kesek itu , dan akhirnya mereka hidup dengan aman ,nyaman ,dan sejahtera.
..THE END..
....................
Bukti keberadaan pagar tetenger itu adalah ketika tahun 2003 terjadi hujan yang sangat deras  dan daerah gunung tersebut terjadi longsor dan kemudian banjir, tetapi desa kali kesek tidak terkena air banjir tersebut, sedangakan desa sriwulan sampai ke limbangan terkena banjir tersebut hingga rumah-rumah warga dan jalan hanyut terseret air banjir.

Penulis : LUTHFI FAJAR RIANA

0 komentar:

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t