Memanusiakan manusia melalui pendidikan formal

PENGERTIAN
Pendidikan adalah proses pengubahan sikap & tatalaku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan yang meliputi norma, akhlak, dan karakter. Memanusiakan manusia merupakan proses dari pendidikan, pembelajaran tentang kehidupan manusia. Jadi, Memanusiakan Manusia Melalui Pendidikan Formal adalah proses pengubahan sikap dan tatalaku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusiamelalui pengajaran dan pelatihan yang meliputi norma, akhlak, dan karakter menuju kearah yang lebih baik dan yang terjadi di lingkungan pendidikan formal atau bangku sekolah.

REALITA MEMANUSIAKAN MANUSIA MELALUI PENDIDIKAN FORMAL
Ketika di sekolah, fikiran kita selalu terfokus pada pelajaran, kelas, dan guru. Padahal pendidikan bukan hanya tentang mata pelajaran saja, namun juga mengenai akhlak dan karakter siswanya. Dan parahnya hanya sebagian guru saja yang peduli dengan pendidikan berkarakter.
Di Bangku Sekolah
Ketika seorang anak selesai mengerjakan ujian maka orang tua dan gurunya akan menanyakn nilai yang ia dapat, dan tidak di lanjutkan dengan menanyakan bagaimana nilai itu dia dapat. Sehingga kecenderungan siswa untuk mencontek atau meminta jawaban dari teman semakin tinggi, terlebih bila ia juga terbebani dengan nama baiknya, serta nama baik guru dan sekolahnya.
Di Bangku Kuliah
Hal yang sama terjadi pada tingkat mahasiswa yang ingin mendapatkan IP tinggi dengan mudah. Mahasiswa yang seharusya sudah cukup dewasa untuk bisa membedakan mana yang baik dan buruk malah melakukan hal yang sebenarnya tidak perlu di lakukan.   
Ke dua realita tersebut tidak menggambarkan  proses memanusiakan manusia melalui pendidikan formal. Karena tidak di menggambarkan proses mendewasakan norma, akhlak, maupun karakter yang baik.

CONTOH KASUS
Masih ingatkah kasus yang dialami oleh ibu Siami? Beliau tidak terima dan melaporkan kepada pihak berwenang bahwa anaknya telah dipaksa untuk membagikan contekan jawaban ujian karena ada paksaan dari pihak sekolah. Namun, yang terjadi ibu Siami justru dimusuhi warga dan diusir dari desanya.

Tindakan yang seharusnya di lakukan dalam memanusiakan manusia melalui pendidikan formal
  1. Seorang guru harus mampu mendewasakan pemikiran peserta didik (memberi motivasi).
  2. Seorang guru harus mampu membimbing atau menanamkan akhlak yang baik pada peserta didiknya.
  3. Seorang guru harus mampu memberi contoh yang baik kepada peserta didik seperti apa karakter yang baik itu.
Ketiga hal tersebut haruslah didukung dengan norma atau aturan-aturan mendukung tindakan tersebut.

2 komentar:

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t