Model Pembelajaran CRH (Course Review Horay)

Model Pembelajaran Course Review Horay merupakan model pembelajaran yang dapat menciptakan suasana kelas menjadi meriah dan menyenangkan karena setiap siswa yang dapat menjawab benar maka siswa tersebut diwajibkan berteriak ‘hore!’ atau yel-yel lainnya yang disukai. Model pembelajaran CRH ini merupakan suatau model pembelajaran yang dapat digunakan guru agar dapat tercipta suasana pembelajaran di dalam kelas yang lebih menyenangkan, sehingga siswa merasa lebih tertarik. Karena dalam model pembelajarn CRH ini, apabila siswa dapat menjawab secara benar maka siswa tersebut diwajibkan meneriakan kata “hore” ataupun yel-yel yang disukai dan telah disepakati oleh kelompok maupun individu siswa itu sendiri. Model pembelajaran CRH juga merupakan suatu model pembelajaran dengan pengujian pemahaman siswa menggunakan soal dimana jawaban soal dituliskan pada kartu atau kotak yang telah dilengkapi nomor dan untuk siswa atau kelompok yang mendapatkan jawaban atau tanda dari jawaban yang benar terlebih dahulu harus berteriak ‘horay’ atau menyanyikan yel-yel kelompoknya. Dalam pelaksanaan model pembelajaran CRH ini pengujian pemahaman siswa dengan mengguanakan kotak yang berisi nomor untuk menuliskan jawabannya. Dan siswa yang lebih dulu mendapatkan tanda atau jawaban yang benar harus langsung menyoraki kata-kata “horay” atau menyoraki yel-yelnya. Agar pemahaman konsep materi yang akan dibahas dapat dikaji secara terarah maka seiring dengan perkembangan dunia pendidikan model pembelajaran CRH menjadi salah satu alternativ seabagai model pembelajaran yang mengarah pada pemahaman konsep. Model pembelajaran CRH merupakan salah satu pembelajaran kooperatif yaitu kegiatan belajar mengajar dengan cara pengelompokkan siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil. Model pembelajaran CRH yang dilaksanakan merupakan suatu pembelajaran dalam rangka pengujian terhadap pemahaman konsep siswa menggunakan kotak yang diisi dengan soal dan diberi nomor untuk menuliskan jawabannya. Siswa yang paling terdahulu mendapatkan tanda benar langsung berteriak horay atau yel-yel lainnya. Melalui pembelajaran CRH diharapkan dapat melatih siswa dalam menyelesaikan masalah dalam pembentukkan kelompok kecil (dalam situs http://ras-eko.blogspot.com/2011/05/model-pembelajaran-course-reviewhoray.html).

Sintak model pembelajaran CRH adalah :

a. Buat kelompok heterogen dengan anggota 4-5 orang.

b. Guru menyajikan atau menjelaskan materi pelajaran,

c. Guru membaca soal secara acak dan siswa menuliskan jawabannya didalam kartu atau kotak yang nomornya disebutkan guru dan langsung didiskusikan. Kalau benar memberi tanda check list ( √ ) dan kalau salah member tanda (x). Bagi kelompok yang bisa menjawab benar dan membentuk garis vertical atau horizontal pada kotak yang dibuat maka langsung berteriak “horay” atau menyanyikan yel-yelnya.

Menurut Agus Suprijono (2009: 129) Langkah-langkah Model Pembelajaran Course Review Horay:

a. Guru meyampaikan kompetensi yang ingin diacapai.

b. Guru mendemonstrasikan atau menyajikan materi.

c. Memberikan kesempatan siswa tanya jawab.

d. Untuk menguji pemahaman, siswa disuruh membuat kotak 9 atau 16 atau 25 sesuai dengan kebutuhan dan tiap kotak diisi angka sesuai dengan selera masing-masing siswa.

e. Guru membaca soal secara acak dan sisiwa menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan langsung didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar (√) dan salah diisi tanda silang (x).

f. Siswa yang sudah mendapat tanda (√) vertikal atau horizontal atau diagonal harus berteriak hore..... atau yel-yel lainnya.

g. Nilai siswa dihitung dari jawaban benar jumlah hore yang diperoleh.

h. Penutup.

Kelebihan pembelajaran kooperatif tipe CRH yaitu pembelajarannya menarik mendorong untuk dapat terjun ke dalamnya dan melatih kerjasama. Kekurangan pembelajaran kooperatif tipe CRH yaitu siswa aktif, pasif nilainya disamakan dan adanya peluang untuk curang (dalam situs http://herisetiohadi.blogspot.com/2011/08/bagian-ii.html).

2 komentar:

  1. penemunya model pembelajaran ini siapa, ya?

    BalasHapus
  2. saya butuh buku refrensi yang membahas tentang model CRH, lebih ke teori
    kira2 bukunya apa y?
    saya sudah mencarinya tapi hanya langkah2nya saja yg saya temukan
    kira2 ini model termasuk model apa dan siapa penemunya?
    saya mohon jika ada buku refrensi mengenai teori model CRH tolong kirim ke email saya
    hanie_bluesky@yahoo.com

    BalasHapus

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t