Home » » Model PAIKEM ( Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan )

Model PAIKEM ( Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan )

Rabu, 09 Januari 2013 | 10.28


Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan adalah sebuah model pembelajaran yang memungkinkan peserta didik mengerjakan kegiatan yang beragam untuk mengembangkan ketrampilan, sikap, dan pemahaman berbagai sumber dan alat bantu belajar termasuk pemanfaatan lingkungan supaya pembelajaran lebih menarik, menyenangkan, dan efektif.
1.      Ciri-ciri atau karakteristik PAIKEM adalah
a.       Pembelajaran yang mengaktifkan peserta didik
b.      Mendorong kreativitas peserta didik dan guru

c.       Pembelajarannya efektif.
d.      Pembelajarannya menyenangkan utamanya bagi peserta didik
2.      Prinsip PAIKEM antara lain.
a.       Mengalami
b.      Peserta didik terlibat secara aktif baik fisik, mental maupun emosional
c.       Komunikasi
d.      Kegiatan pembelajaran memungkinkan terjadinya komunikasi antara guru dengan peserta didik
e.       Interaktif
f.       Kegiatan pembelajarannya memungkinkan terjadinya interaksi multi arah
g.      Refleksi
h.      Kegiatan pembelajarannya memungkinkan peserta didik memikirkan kembali apa yang telah dilakukan. 
Model pembelajaran PAIKEM, dapat diterapkan dengan pola sebagai berikut.
1.      Mengaktifkan siswa melalui kegiatan bertanya, mengemukakan gagasan, mempertanyakan gagasan siswa lain dan gagasannya sendiri.
2.      Inovatif, siswa dapat menemukan sesuatu melalui aktivitas belajar yang dilakoninya.
3.      Kreatif, siswa merancang dan membuat sesuatu siswa dapat menulis atau mengarang.
4.      Efektif, siswa menguasai keterampilan yang diperlukan
5.      Menyenangkan, berarti suasana pembelajaran membuat siswa berani mengemukakan pendapat, berani dan mempertanyakan gagasan orang lain.
6.      Di kelas ada ”pojok baca”
Dalam pembelajaran menggunakan model PAIKEM, penilaian dirancang sebagaimana dengan penilaian otentik. Artinya, selama pembelajaran itu berlangsung, guru selain sebagai fasilitator juga melakukan penilaian dengan berbagai alat yang sesuai dengan kegiatan yang dilakukan oleh siswa.
Menurut Moh. Durori (2002: xii – xiv) pembelajaran aktif, inovatif,  kreatif, efektif dan menyenangkan yaitu.
a.       Pembelajaran adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru sedemikian rupa, sehingga tingkah laku siswa berubah ke arah yang lebih baik.
b.      Aktif
Dari segi guru aktif yaitu:
1).    Guru memantau kegiatan belajar siswa.
2).    Guru memberi umpan balik


3).    Guru mengajukan pertanyaan yang menantang.
4).    Guru mempertanyakan gagasan siswa
Dari segi siswa aktif yaitu:
1).    Siswa aktif bertanya
2).    Siswa aktif mengemukakan gagasan
3).    Siswa aktif mempertanyakan gagasan orang lain dan gangguannya
c.       Inovatif
Dari segi guru     : Mencapai tujuan pembelajaran
Dari segi siswa   : Menemukan sesuatu melalui aktivitas belajar
d.      Kreatif
Dari segi guru, guru yang kreatif adalah:
1).   Mengembangkan kegiatan yang beragam
2).   Membuat alat bantu belajar sederhana
Dari segi siswa, siswa yang kreatif yaitu:
1).    Merancang atau membuat sesuatu
2).    Menulis atau mengarang
e.       Efektif
Dari segi guru      : Mencapai tujuan pembelajaran
Dari segi siswa    : Menguasai keterampilan yang diperlukan 
f.       Menyenangkan
Dari segi guru: pembelajaran yang menyenangkan:
Guru tidak takut salah
Tidak takut ditertawakan
Tidak takut dianggap sepele

Dari segi siswa:
1).    Siswa berani mencoba atau berbuat
2).    Siswa berani bertanya
3).    Siswa berani mengemukakan pendapat atau gagasan
4).    Siswa berani mempertanggungjawabkan gagasan orang lain
Dalam pelaksanaan PAIKEM perlu diperhatikan beberapa hal yaitu:
1.        Memahami sifat anak
2.        Mengenal peserta didik secara individu atau perorangan
3.        Memanfaatkan perilaku anak dalam pengorganisasian belajar
4.        Mengembangkan kemampuan berfikir kritis, kreatif dan kemampuan memecahkan masalah
5.        Mengembangkan ruang kelas sebagai lingkungan belajar yang menarik.
6.        Memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar.
7.        Memberikan umpan balik yang bertanggung jawab untuk meningkatkan kegiatan belajar mengajar.
8.        Membedakan antara aktif fisik dan aktif mental.


kata kunci :
makalah skripsi tentang / mengenai model pembelajaran PAIKEM

2 komentar: